Friday, March 7, 2008

NOKIA 6500 CLASSIC



3G Tipis Lebih Bergaya
Fitur mutakhir yang melengkapi ponsel ini adalah akses 3G dengan dual frekuensi (850/2100 MHz), layar 16,7 juta warna. Tren ponsel candybar tipis kini makin umum dirilis vendor. Tak terkecuali Nokia yang merilis seri baru 6500 Classic. Ponsel ini muncul dengan desain tipis namun tetap stylish. Kesan bergaya yang kental ini muncul dari paduan dominan warna hitam dengan strip silver di pinggir layar, mengelilingi tombol navigasi, dan jeda horisontal antar keypad numerik.

DESAIN
Kombinasi warna ini membuat 6500 Classic tampak kokoh dan elegan. Yang menarik, ponsel ini hadir tanpa ada tombol shortcut di sisi ponsel. Hanya ada port micro USB di bagian atas ponsel, itupun dilengkapi cover yang menyatu dengan desain ponsel keseluruhan. Dengan bobot 94 gram, memang ponsel tipis ini terasa lebih berat ketika digenggam dibandingkan dengan pesaing-pesaing di kelasnya.

LAYAR
Layar yang dibenamkan ke ponsel initergolong canggih dan mutakhir. Dengan teknologi TFT berkedalaman hingga 16,7 juta warna, Nokia 6500 ini sangat handal menyajikan gambar-gambar jernih. Apalagi menonton layar bergerak alias video atau siaran TV via 3G. Resolusi sebesar 320 x 240 tergolong standar untuk ukuran sebuah layar ponsel.

KAMERA
Ponsel dengan user interface S40 3rd edition ini dibekali kamera 2 MPix. Kamera ini bisa digunakan untuk memotret dan merekam video. Untuk pemotretan, seperti biasa, kelengkapan yang menyertai diantaranya pilihan resolusi, image editor, hingga pemberian effect sesuai keinginan. Merekam video, ponsel ini bisa menyimpan dalam format MP4 dan playback dalam format QCIF/SQCIF. Saat diuji coba, kualitas rekam video ponsel ini masih terlihat adanya delay beberapa detik. Namun dukungan layar dengan kedalaman belasan juta warna, membuat gambar bergerak yang tertayang lebih hidup.

MEDIA PLAYER
Untuk memutar musik, Nokia 6500 classic mendukung berbagai format file seperti MP3, AAC+, eAAC+, dan WMA. Suara yang muncul dari speaker ketika menguji salah satu file musik yang sudah tertanam di ponsel, suaranya terbilang nyaman di telinga. Selain jernih, dukungan fasilitas tambahan seperti equalizer dan stereo widening membuat fitur ini tambah maksimal.

Sementara untuk menyetel video, Nokia 6500 classic mampu menyetel file dengan format 3gpp, H.263 video, dan MPEG-4. Meski begitu, dukungan memori di ponsel ini hanya pada memori internal yang ukurannya cukup besar yakni 920 Mb. Tanpa memori eksternal, kita harus pintarpintar mengatur kapasitas memori agar file-file penting bisa masuk ke dalam memori ponsel ini

KONEKTIVITAS
Untuk berhubungan dengan perangkat lain, Nokia 6500c hanya menyediakan koneksi nirkabel via bluetooth. Bluetooth yang digunakan adalah versi 1.2 dengan EDR (enhanced data rate). Saat digunakan untuk menerima file MP3 dari PDA-Phone via Bluetooth hasilnya memuaskan. Begitu pula saat dicoba untuk mengirimkan file ke peranti lain tersebut.

INTERNET
Adanya fasilitas 3G memungkinkan kita akses lebih cepat ketimbang GPRS. Hanya saja, ponsel yang diujicoba Selular tidak menyertakan setting wizard untuk pengaturan koneksi
operator 3G. Maklum saja, perangkat ponsel ini masih tergolong prototype, namun nantinya perangkat yang di jual di pasar sudah dibekali oleh setting wizard.

GAMING
Snake III. Game ini adalah permainan klasik di ponsel Nokia. Tampilannya lebih interaktif dengan gambar 3D. Games berbasis Java ini bisa menjadi teman mengasyikkan di waktu senggang.

EMAIL
Fasilitas ini cukup bermanfaat bagi pebisnis. Untuk menggunakan layanan ini, setting koneksi ke jaringan data operator sudah berjalan. Di samping itu, parameter email juga mesti terpasang dengan benar.

VOICE RECORDER
Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk merekam suara. Secara default, ponsel ini bisa merekam hingga satu jam-an narasi. Mutu yang dihasilkan dari rekaman ini setara dengan peralatan perekam suara digital lainnya.

BATERAI
Ditenagai baterai dengan kekuatan 830 mAh ponsel ini diharapkan bisa bertahan hingga 3,5 jam nonstop untuk digunakan bicara atau pun memutar musik. Sedangkan waktu siaga diinginkan hingga 9 hari. Hasil uji coba, daya tahan baterainya saat digunakan pada kondisi normal seharian bar baterai masih penuh. Setelah bluetooth digunakan, kondisi baterai berkurang seperempat bar.

KINERJA
Secara kinerja, ponsel ini termasuk baik terutama karena dukungan layar yang tajam dan sangat memadai untuk menjalankan aplikasi multimedia. Bekal yang dipunyai cukup memadai, hanya saja minusnya kamera kedua membuatnya sulit digunakan untuk video call yang menjadi salah satu ikon layanan 3G. Dukungan baterainya cukup memuaskan, hanya perlu manajemen penggunaan aplikasi agar baterai tidak gampang terkuras.

Sumber : Sellular.co.id

1 comments:

Anonymous said...

Saya baru beli 6500c. Menurut saya, nggak enaknya terletak pada key pad. Almini warna putih menjadi penghalang untuk memencet. Bila key pad-nya lebih muncul (seperti di Nokia lain) atau almini warna putih itu bersatu dengan key pad, memencet key pad lebih mudah.