Tuesday, March 11, 2008

COLPAD 288 GSM CDMA

Handphone dual mode GSM-CDMA. MITO sebenarnya diproduksi oleh Yulong, Cina. Sebenarnya setiap orang bisa saja menjual Handphone dengan merk apapun. Tinggal tunjuk jenis handphone yang diinginkan dari negeri tirai bambu tersebut, dengan jumlah pemesanan tertentu anda bisa mengganti merknya sesuai dengan keinginan anda. Misalnya saya pesan dan memberinya merk “rosyidi”. Salah satu contoh HP yang kembar tetapi memiliki merk yang berbeda adalah Taxco DM70 dengan D-One DM289.

Sebenarnya MITO mengeluarkan produk satu lagi yang lebih murah dan lebih bagus, dengan bluetooth, dllnya. Tapi untuk dual mode GSM-GSM, yaitu MITO Coolpad 288GG.

Kelebihan MITO :
Bisa 2 nomor GSM-CDMA, ON semua atau ON salah satu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.
Bisa 2 nomor CDMA-CDMA, ON salah satu. pengaturan pengubahannya cukup mudah dan cepat. Tidak perlu mematikan HP.
Bisa 2 nomor GSM-GSM, ON salah satu. Sama dengan CDMA-CDMA.
Harga cukup murah. Dulu waktu pertama beli 2,9 juta, sekarang barunya dengar-dengar sudah 1,9 juta. Dan kemarin beli bekas 1,4 juta.
Multi reciepent SMS, MMS. Pengaturannya lebih mudah dibandingkan pengaturan Multi reciepent Nokia, karena MITO menggunakan sistem centang. Dalam satu nama kontakpun kita bisa mengirimnya ke nomor2 yang berbeda, misalnya ingin mengirim SMS ke no HP1, HP2, no Kantor, no Rumah, bisa sekaligus, tinggal centang yang diinginkan.
Suara audio bagus. Jauh lebih bagus daripada suara standart Nokia.
Dapat 2 batrai, jadi jika habis bisa pakai batrai cadangan.
Batrai sama dengan batrai Nokia BL-6C. Jadi jika habis bisa pinjam batrai teman yang berHP Nokia.
Bisa untuk modem.
Bisa untuk USB flashdisk.
Bisa multi charge. Charge batrai dengan Desktop Charge plus ke HPnya langsung, dan sekalian koneksi ke PC.
Kalkulator lebih mudah daripada Nokia. Fungsinya ada di tombol kanan kiri atas bawah. Perkalian tekan bawah, pengurangan tekan kiri, penambahan tekan atas. Jadi tidak perlu menekan berulang kali satu tombol * seperti pada Nokia.
Fungsi lain yang cukup lengkap : Notepad, Alarm, Unit converter, Currency, Stopwatch, Countdown, World Clock, dll.
Kamera cukup bagus. 2MP. 8x digital zoom.
Bisa browsing dengan menu yang cukup lengkap. Disertai pula berapa transfer data yang telah kita lakukan, sehingga kita bisa mengontrol pemakaian internet, karena internet melalui HP berdasarkan jumlah trafik data yang kita gunakan.
Bisa menerima email POP3. Menurut buku panduannya bisa sebagai sebagai email client semacam Ms Outlook dan Thunderbird. Tapi saya belum bisa menemukan pengaturan tersebut. Mungkin jika beda firmware berbeda pula isinya, saya kurang tau masalah ini.
Bisa dikoneksikan ke PC. Internet, SMS, Phonebook, dll.
Jika tidak bisa melakukan koneksi lewat USB, bisa memindahakan data dari microSD lewat CardReader.
Software dan Manual Book bisa di download lewat internet. Klik disini untuk download Softwarenya. Klik disini untuk download Manual Booknya (pdf).
Ada costumer support yang baik dan siap membantu. Kemarin saya email dan telpon CSnya. Dan mendapat tanggapan yang cukup baik.

Kekurangan :
Besar dan tebal
Tidak ada bluetooth dan infrared.
Background tidak mendukung format GIF. Jadi tidak bisa menampilkan background animasi.
Loading Camera sangat lambat. 4-5 detik. Tergantung setting kamera, seperti resolusi,dll.
Contact list tidak user friendly. Hanya bisa huruf awal saja. Misalnya saya ingin mencari rosyidi, ketika menekan huruf R lari ke R, O ke O, jadi jika ingin mencari harus menscroll down manual dari huruf pertama.
Contact list tidak dapat mengenali nomor yg sama.
Contact list tidak dapat menggabungkan nomor dari dua nama yang berbeda (tidak dapat memindah nomor ke nama lain).
Tidak mendukung Java.
Game sedikit dan tidak bisa ditambahi karena tidak mendukung Java. Jenis game di setiap firmware berbeda2.
Inbox SMS jadi satu. Jika menyimpan di kartu masih bisa membedakan mana SMS yg masuk ke GSM, dan mana yg masuk ke CDMA, yaitu dengan cara melihat logonya. Tapi kalau menyimpan di Phone Memmory, kita tidak akan bisa membedakannya.
Batrai cukup boros. 2 hari standby, tapi kalau sering telpon biasanya sehari habis. Tidak heran karena dua kartu ON, bisa dianalogikan dua HP ON dengan satu batrai. Ya jelas boros jika dibandingkan dengan HP biasa.
Shutter sound tidak bisa dimatikan. Jadi ketika memotret mengeluarkan selalu mengeluarkan suara, walalupun dalam keadaan mode silent. Sebenarnya tujuannya baik, agar tidak ada orang usil yang menyalah gunakan kamera HP untuk memotret hal2 yang tidak diinginkan orang lain.
Alarm hanya berbunyi 1 menit. Walaupun menyedikan Alarm sebanyak 6 buah, namun masing2 hanya berbunyi 1 menit. Meskipun kita memakai file mp3 yang panjang sebagai nada deringnya, akan terputus di tengah2. Sangat tidak cocok untuk alarm bangun tidur, dimana biasanya kebanyakan orang tidak akan bangun dengan alarm 1 menit. Solusinya naikkan volume nada dering, dengan otomatis volume alarm juga akan meningkat.
Jam hanya ada di halaman depan. Jadi ketika membuka aplikasi lain tidak bisa melihat jam.
Hingga saat ini saya belum bisa melakukan koneksi dari HP ke PC, jadi belum bisa mereview untuk software PC syncnya. Namun ada yg mengatakan bahwa software PC Sync hanya export dan import, tidak bisa sikron.

Ketika membaca forum-forum tentang HP ini banyak yang salah, diantaranya :
Tidak bisa internet. WAP bisa berfungsi dengan baik jika menggunakan firmware terbaru.
Loading SMS lambat. Saat ini sudah 80an SMS yg masuk HP saya, tapi loadingnya tidak lambat sama sekali.
Jika batrai habis bunyinya sangat keras dan tidak dapat dihentikan. Ketika saya coba tidak seperti itu. Bunyi batrai dipengaruhi oleh volume ringtone yang kita atur. Jika ringtonenya keras, maka volume peringatan alarm, batrai, dll juga ikut mengeras. Peringatan hanya sekali, dan jika getar juga tidak mengeluarkan suara.
Jika software hilang tidak bisa download dari internet. Saya menemukan softwarenya di internet. Direview Oleh : Rosyidi

Lihat Harga Baru dan Bekas

2 comments:

mmr_ancol said...

Masang firmware terbarunya gimana caranya yah? Masalahnya HP Mito saya juga sampai saat ini belum bisa dipake internet.

modem cdma said...

thanks bro..
nice info ni