Friday, March 28, 2008

I-MOBILE 520

Multimedia Komplet Sasar Kelas Menengah
Bertambah lagi seri multimedia imobile yang bakal masuk ke pasar dengan design dan kualitas yang lebih baik, salah satunya imobile 520. Kemampuan cukup lengkap meski dengan kemampuan menengah, seperti kamera 1,3 Mpix untuk foto dan rekam video, Radio FM, WAP 2.0 browser, voice recorder, dan game.

DESAIN
Desain seri ini lebih stylish dari sebelumnya (imobile 510), dan lebih tipis. Casing bagian belakang meski terbuat dari plastik, terlihat seperti terbuat dari metal titanium. Ini memberi kesan mewah, dan list warna hijau muda yang mengelilingi sisi-sisinya membuatnya tampak segar.

KEYPAD
Tombol navigasi lima arah berbentuk bulat yang terletak di tengah-tengah, memudahkan untuk menjelajahi menu-menunya. Tombol OK untuk masuk ke menu utama, bagian kanan shorcut ke kalender, bagian kiri untuk shorcut ke profile, alert type, message, calculator, calender, alarm clock, dan Bluetooth.

KAMERA
Kamera 1,3 Mpix dapat digunakan untuk memotret dan merekam video meski dengan ukuran resolusi yang belum maksimal. Untuk memotret resolusi maksimum yang dihasilkan 1280 x 1024 pixel dan untuk rekam video hanya 176 x 220 pixel. Namun untuk memotret ada mode yang cukup unik yaitu mode tile/mosaic. Dalam satu file gambar yang dihasilkan dapat memotret empat objek berurutan menjadi sebuah mosaic, tapi dalam resolusi yang kecil yaitu 176 x 220 pixel saja. Dan ada mode untuk mengambil 4 atau 6 gambar sekaligus dalam sekali jepret.

VIDEO
Sedangkan untuk rekam video, meski hanya beresolusi kecil tapi untuk merekam video durasinya dan besarnya file bisa diatur tak terbatas (No Limit), tergantung dari memori eksternal yang disisipkan pada slot micro SD. Saat diuji memutar sample video clip Shania Twain dengan format .3gp, gambar cukup halus, jernih dan suara yang keluar dari speakernya sangat jelas dan keras. Fitur musik player hanya bisa memutar file MP3 dan AAC, kualitasnya terdengar cukup keras, volume digeber habis suara tidak pecah. Boleh jadi karena ponsel ini memakai Yamaha audio amplifier built in untuk output suara.

INTERNET
Untuk berselancar internet, ponsel ini hanya mendukung WAP browser dan belum bisa membuka halaman web dengan format HTML. Sayangnya handset yang kami terima belum ada setting proxy otomatis untuk operator lokal. Jadi mesti utak-atik dulu mengisi parameter setting GPRS operator lokal sebelum browsing.

RADIO FM
Fitur Radio FM yang terpasang memiliki menu yang cukup beragam. Kita bisa mencari secara otomatis (auto search) stasiun radio FM yang memancarkan sinyal di tempat kita berada. Dan bisa disimpan sebanyak 10 channel dengan nama stasiun radio favorit dan frekuensinya. Selain itu siaran radio tersebut bisa direkam dengan format .amr, tapi hasilnya kurang memuaskan meski siaran yang sedang berlangsung suaranya jernih.

RADIO RECORDER SCHEDULE
Merekam program favorit di sebuah stasiun radio dapat dilakukan secara otomatis. Kita bisa menentukan kapan dimulai merekam dan mengakhirinya serta menentukan siaran stasiun radio yang kita inginkan. Format file bisa hasil rekamnya bisa diatur menjadi .amr ataupun .wav

DICTIONARY
Kamus berbicara atau istilahnya text to speech (TTS), aplikasi ini mungkin menjadi mubazir untuk pengguna di Indonesia. Pasalnya hanya bisa digunakan untuk bahasa Thai, Inggris dan Cina. Seandainya bahasa Indonesia sudah termasuk akan menjadi daya tarik tersendiri bagi ponsel ini.

WORLD CLOCK
Jika kita ingin mengetahui perbedaan waktu kota-kota besar di seluruh dunia sangat mudah dengan adanya aplikasi worl clock. Di layar tampak peta dunia berwarna, dan dua buah garis merah vertical dan horizontal. Pertemuan titik ini menunjukkan lokasi kota-kota besar di dunia dan akan menunjukkan waktu pada saat yang bersamaan, sehingga kita dapat mengetahui perbedaan waktu.

BATERAI
Dalam kemasannya baterai tak tercantum kapasitasnya. Menurut klaim vendor, memiliki waktu bicara hingga 3 jam dan siaga 250 jam. Dalam uji coba, digunakan untuk memutar musik MP3 selama delapan jam baterai tersisa 2 bar dari 4 bar indikator.

KINERJA
Jika mengaku sebagai ponsel multimedia ponsel ini sudah termasuk kategori tersebut. Namun belum bisa disebut sebagai ponsel multimedia high end. Kualitas speaker tunggal cukup nyaring, tapi belum terdengar merdu meski sudah dimainkan equalizernya. Serta keterbatasan resolusi rekam video yang hanya 176 x 220 pixel, mestinya sudah mencapai 320 x 240 pixel. Mentransfer data video, image dan audio sangat mudah dan cepat melalui kabel mini USB, memori card microSD akan terbaca seperti FlashDisk USB jika ponsel dihubungkan ke PC/laptop. Sumber : Selular.co.id

Lihat Harga Baru dan Bekas

6 comments:

Anonymous said...

Bisa java gak ya? hehe

Anonymous said...

Trus, sms bisa ditampung / disimpen di memory hp gak?, maklum, aku pakek mentari lawas, sms cuman muat 13....

Anonymous said...

saya pemakai i-mobile520, tlg dong kash tau bagai mana aktifn gprs, untuk im3! salnya mau ngenet loading lama? thanks

reynold ticoalu said...

saya pemakai i-mobile520, tlg dong kash tau bagai mana aktifn layanan internetnya, gprs udah aktif. untuk telkomsel or im3! soalnya mau ngenet loading lama and slalu gagal trus? thanks

Richard said...

baterainya tahan berapa lama tuh ya kalau dipake buat browsing??

phone news blog said...

buat browsing bisa gak ya?