Saturday, March 8, 2008

NOKIA 2865 CDMA

Setelah Nokia 6235, belum ada pengganti ponsel CDMA untuk kelas menengah yang menggunakan form factor candy bar. Sampai akhirnya, baru-baru ini Nokia merilis 2865 yang mempunyai beberapa feature menarik untuk kelas menengah

Nokia CDMA candy-bar dual band (800 dan 1900Mhz) 2865, handphone ini memiliki konektifitas yang lengkap mengcakupi infrared, bluetooth dan USB (Pop-port), 2865 juga memiliki fungsi radio yang dapat digunakan sebagai alarm dan mendukung MIDI 64 polyphonic.

Nokia 2865 tidak memiliki kamera tapi dapat memainkan video secara streaming atau file video yang telah di simpan dalam memori internal nya yang sebesar 12 MB, 2865 juga dapat membuat video sebagai ringtone nya. Jenis layar LCD yang digunakan oleh Nokia 2865 adalah layar TFT yang mampu menampilkan 262,144 (256K atau 18 bit) warna dengan resolusi layar 128 x 160 pixels yang berada di tingkat menengah (tingkat resolusi layar kecil adalah berukuran 128 x 128 pixels dan kebawahnya sedangkan resolusi layar tingkat atas adalah minimum 176 x 220 pixels).

Candybar yang sederhana
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Nokia 2865 menggunakan bentuk candy bar sehingga tidak ada bagian ponsel yang perlu dibuka atau digeser untuk beraktivitas. Dengan dimensi 105,5x42,3 x18 mm dan berat 98 gram, tampilan ponsel dengan 262 ribu warna STN dan resolusi 128x160 pixel ini termasuk cukup baik dibandingkan ponsel kelas menengah lainnya. Hal ini ditunjang dengan frekuensi pengoperasian 800/1900 MHz di jaringan CDMA 2000-1x yang artinya secara umum, ponsel ini bisa dipergunakan di seluruh kota di Indonesia.

Dengan phonebook 500 nama mul­tiple entry dan 12 MB internal me­mory, ponsel ini bisa dikata lebih dari cukup untuk kelas menengah. Sedangkan untuk sumber daya, digunakan BL-6C yang mempunyai kapasitas 1100 mAh.

Banyak kemungkinan konektivitas
Hal yang patut diperhatikan pada Nokia 2865 adalah dilengkapinya ponsel ini dengan Bluetooth, IrDA, dan fungsi kabel data. Lengkapnya konektivitas yang disediakan ini membuat pengguna ponsel yang sering menghubungkan ponsel dengan PC maupun PDA akan merasa sangat terbantu.

Hal ini masih ditambah dengan ada­nya dukungan Java application sehingga pengguna bisa menambahkan aplikasi ataupun games yang disukai pada ponsel ini. Beberapa feature tambahan lain seperti radio FM dan dukungan terhadap beberapa jenis format file musik seperti MP3, QCELP, AAC, dan eACC+ juga disediakan. Dengan dukungan format kompresi ini, pengguna bisa memasukkan lebih banyak file musik yang disukainya. Tidak ketinggalan pula dukungan untuk video berbasis H.264 yang kini semakin populer.

Untuk fungsi PIM, Nokia 2865 menyediakan beberapa feature seperti alarm clock, reminder, stopwatch, countdown timer, calculator, calendar, dan notes untuk menyimpan catatan kecil atau mengingatkan janji yang mungkin ada. WAP browser yang mendukung standar 2.0 juga bisa Anda temukan pada ponsel ini.

Kesimpulan : Untuk ponsel kelas me­nengah, Nokia 2865 tergolong ponsel yang lengkap. Apalagi jika sisi konektivitas merupakan pertimbangan penting. Hal yang mungkin kurang adalah tidak adanya kamera yang sepertinya sudah menjadi feature wajib ponsel modern. Namun, bagi pengguna yang tidak membutuhkan kamera, Nokia 2865 ini sepertinya cocok.

Lihat Harga Baru dan Bekas

4 comments:

Tips PDA said...

jika membaca reviewnya, terlihat hp ini terhitung lumayan lengkap. sebenarnya pengen ne hp, selain untuk aktivitas sehari-hari, juga pendamping PDA dan Laptop saya. tapi mungkin belinya setelah lebaran aja kali ya?

Jack said...

Kalau melihat faktor fungsi dan bukan faktor gengsi, maka Nokia 2865 sangat layak menjadi pilihan. Karena untuk kelas low end, 2865 sudah cukup lengkap kecuali kamera. Disini, Saya ingin berbagi pengalaman tentang nokia 2865. Saya beli secondnya seharga 800rb pada tahun 2007 (harga barunya 1,4 jt waktu itu). Kemudian saya menggunakannya sebagai modem sudah hampir dua tahun dengan koneksi bluetooth maupun kabel USB ke notebook, dengan rata2 online sekitar 6 s/d 7 jam/hari. Yah, Alhamdulillah belum pernah bermasalah. Speednya terkadang cepat atau lambat tp itu tergantung dari jaringan. Sehingga saya kadang2 menggunakan kartu flexi, Fren, Smart atau StarOne(semua bisa untuk CDMA). Seandainya 2865-ku nanti rusak, saya akan beli lagi (syukur2 kalau masih ada yg baru).
Pokoknya Nokia 2865 SERBA BISA dan sangat bisa diandalkan. Kalau ada yg ingin pakai, jangan ragu2. Tapi ingat!!!, beli yg masih stabil(baik second maupun baru).

Sehan said...

Tentang HP Nokia 2865,aku hanya ingin mengatakan bahwa "Kapan yah Nokia merilis generasinya?. Tapi jangan sampai dirubah rubah speknya karena performanya sudah benar2 memuaskan. Kalau mau ditambah aja kamera seperti Nokia 6235. Aku punya keduanya kok (2865 & 6235). Sedangkan tampilannya biarpun masih begitu juga sudah oke. Tapi kalau ada generasinya tolong dong tegaskan bahwa ini adalah generasi Nokia 2865. Karena Nokia 2865 sudah cukup ampuh untuk menjadi ikon promosi. Karena aku benar2 puas memakainya. Dan saya akan segera bandingkan kalau memang speknya masih sama plus kamera, maka mudah2an aku orang pertama yang membelinya.

Anonymous said...

Thx buat infona... :) :D